Senin, 23 Juli 2018

TASK 1 - PROGRAM SHOKYUU INTENSIVE CLASS (batch 2-grup 9)

Bismillah, tugas pertama program shokyuu intensive class, batch 2 grup 9.

1. Motivasi diri
Berbenah merupakan salah satu hobi saya sejak kecil. Dan saat ini ketika saya sudah berkeluarga, saya sangat ingin memiliki hunian yang simpel dan rapi sehingga membuat penghuni rumah betah bercengkrama di rumah. Dua prinsip itu sudah saya terapkan sejak memulai berkeluarga, tapi saya selalu merasa kelelahan. Dengan bergabungnya saya dalam kelas shokyuu, saya berharap bisa dapat meneruskan hobi saya menjadi lebih baik lagi.
Alhamdulillah saya memiliki suami yang satu visi dalam hal merapikan barang. Dan Alhamdulillah saat ini saya telah memiliki putra berusia 10 bulan, dengan hadirnya tambahan anggota keluarga kami, saya berharap kegiatan bebenah ini juga menjadi kebiasaan di keluarga kami.

2. Visualisasikan gaya hidup ideal
Menurut saya gaya hidup yang ingin saya dan suami miliki tidaklah terlalu muluk yang mewah dan elegan. Saya lebih senang memiliki rumah yang nyaman, rapi dan tidak banyak barang di dalamnya.

Taman dalam ruangan. Source: instagam/#tamandalamrumah

  • Saya ingin memiliki ruang terbuka hijau di dalam rumah maupun di luar rumah.
     Saat ini di dalam rumah sudah ada space yang kami rancang untuk menjadi sebuah taman, namun masih belum terlaksana dikarenakan beberapa hal. Sedangkan di luar rumah, sudah ada sekotak tanah yang beberapa bulan lalu baru saja di bersihkan untuk menjadi taman. Harapan jangka pendeknya, ingin mengurus taman depan rumah dengan beberapa tanaman sehingga dapat mempercantik dan memperindah rumah.

Dapur yang menyatu dan simpel. Source: instagram/#dapurnyaman
  • Saya ingin memiliki space dapur yang lebih luas dan tertata
     Saat ini dapur saya berada di depan dan sangat sempit, sehingga meja makan dan lemari berada jauh dr dapur memasak. Hal ini membuat saya agak kelelahan untuk mondar mandir dan tidak efisien waktu dalam memasak. Harapannya, saya memiliki storage yang dapat menampung beberapa perabotan dapur yang dapat diletakkan di dekat dapur memasak. Meskipun masih belom bisa memperluas dapur, saya ingin dapat mencari cara agar peralatan dapur dapat di satu tempat sehingga dapat efisien waktu.

             



Ruang keluarga yang lesehan, simpel dan tidak banyak barang. Source: instagram/#ruangkeluarga

  • Saya ingin memiliki ruang keluarga yang terpisah dengan ruang tamu
     Saat ini memang rumah kami memiliki ruang keluarga lebih luas, namun itu masih tergabung dengan ruang tamu. Sehingga jika ada salah satu dari teman saya atau suami saya berkunjung dan tidak bisa bergabung, salah satu dari kami harus mengalah pindah tempat. Oleh karenanya saya berharap memiliki sekat sehingga kami masih dapat menikmati kegiatan keluarga tanpa harus terganggu dengan adanya tamu.


Source: instagram/#library corner

  • Library corner
     Saya dan suami sangat menyukai buku. Saat kemarin saya mencoba beberes, saya menemukan banyak sekali buku bagus yang ada dalam sebuah kardus. Selain itu, sejak kecil saya berharap memiliki perpustakaan pribadi, yang Alhamdulillah suami pun menginginkannya juga. Harapannya akan ada satu space rak untuk mengumpulkan buku-buku koleksi keluarga kami yang dapat di pajang. Pajangan buku ini bertujuan agar kami selalu dapat melakukan hobi kami dan mengurangi penggunaan gadget di dalam rumah.

3. Pasang jadwal
Sesuai metode konmari, berbenah rumah memiliki waktu maksimal 6 bulan, karena ini merupakan kelas shokyuu, jadi diperpendek menjadi 3 bulan. Oleh karena nya, saya membuat jadwal 1 jam 1 hari pada hari kerja (senin-jumat) sehingga weekend menjadi hari libur dan santai kami bersama keluarga.

Sekian penjabaran task-1 pada kelas shokyuu kali ini. Sedikit cerita, saya senang saat menceritakan dan menggambarkan visual apa yang saya inginkan dalam rumah saya beberapa bulan kedepan. Saat mencari gambar dan menceritakan harapan, rasanya seperti ada semangat untuk kembali berbenah. Terlebih bagi saya yang sejak kecil senang sekali menggambar rumah impian. Semoga penjabaran ini akan dapat terlaksana sesuai dengan jadwal, aamiin.

#ShokyuuClass
#ShokyuuTask1
#konmariindonesia
#komunitaskommariindonesia
#kommarimethod
#menatadirimenatanegri
#ShokyuuClassBatch2
#ShokyuuClassB2G9
*#ShokyuuB2G9Task1*
#SpakJoy

0 komentar:

Posting Komentar