Rabu, 02 Agustus 2017

Emang Ibu Hamil 'bisa' puasa?

Hai! Kali ini mau banget cerita tentang perjalanan hamil setelah lulus di Trimester I. Di blog sebelumnya, saya cerita tentang enaknya masak, urus rumah dan bikin-bikin. Nah blog ini ditulis saat udah masuk trimester III sih, jadi mau flashback aja apa yang dilakuin waktu masuk trimester II kemarin.

Kebetulan banget sebenernya, masuk dari bulan ke 5 dan 6 itu bertepatan sama bulan Ramadhan. Awalnya masih ragu sih, apakah mau puasa, apa mau bayar fidyah aja. Sempet khawatir kebayang sama mual dan muntah di trimester awal, tapi kebayang juga sama berkahnya Ramadhan. Haha sok banget yaa? Tapi, sama yang namanya ibadah puasa itu rasanya aneh kalo gak dilakuin, apalagi dulu pas masih belom menikah, keluarga saya doyan puasa nyunah. Jadi menurut saya sih, puasa bukan hal yang susah buat dilakuin sebenernya.

Dengan afirmasi positif, ngobrol bareng si Kakak, maka niatlah untuk mulai puasa dari sebelum masuk bulan Ramadhan. Step nya itu yang pertama NIAT. Niat dan tentuin kalau mau puasa. Ketika udah nentuin, maka step kedua itu, NGOBROL SAMA BAYI untuk bekerjasama dan kuat dalam puasa nanti. Ini juga penting dimana sekarang badan itu udah bukan cuma kamu dooang, tapi udah ada yang numpang dan butuh nutrisi dari kamu. Jadi apapun yang bakal kamu lakuin, juga akan berdampak sama Bayinya. Dan step terakhirnya, CARI TAHU tentang apa yang harus dilakukan oleh Ibu Hamil selama puasa. Jadi ketika sudah manthap, maka perlu ilmu untuk menjalaninya.

Akhirnya, dengan segala upaya (dan juga dukungan dari suami) ALHAMDULILLAHIROBBIL’ALAMIN saya bisa full 30hari puasa. Yeeeeaay!! Kapan lagi kan perempuan bisa puasa penuh? Tapi itu juga gak berjalan semulus paha gorengnya olive yaaa. Hari pertama dan kedua, sempet banget lemes dan migraine. Kalau habis duduk di bawah trus berdiri, rasanya lemes dan hampir jatuh. Bahkan di hari pertama sampe rasanya pusing gak kuat untuk berdiri maupun jalan. Duuuh kebayang itu bingung mau masak apa enggak. Untungnya di hari pertama suami libur kerja, jadi masih bisa nyender dan dibantuin. Dan sejak itu, pesen sama suami kalo pulang kerja jangan sore-sore buat bantuin masak dan nemenin kalau ada apa-apa.

Pernah juga suatu hari kami berdua telat bangun sahur. Raasaaanyaaaa, duh galauu paaraaaah. Suami sih sebenernya udah nganjurin untuk gak puasa, tapi entah kenapa saya nangis pas mikir gak puasa. Haha, cengeng banget yaa? Tapi jujur rasanya emang aneh banget kalau gak puasa gara-gara gak sahur (yaa walaupun dengan kondisi hamil bisa jadi sebuah alasan) tapi karena emang gak terbiasa aja, jadi aneh. Selain itu, saya juga berpikir kalau sekarang gak puasa, nanti untuk memulai puasa lagi itu susah. Itu yang jadi pertimbangan saya. Akhirnya dengan diskusi, saya memutuskan puasa, dengan syarat hari itu saya gak ngapa-ngapain dan buka puasanya di luar beli bebek goreng. Hahahaha. Alhamdulillah suami setuju, dan beneran emang seharian itu saya cuma tidur (karena emang lemes juga kalo jalan) trus sorenya kami langsung bergegas buka puasa di resto Daepong namanya.

Nah selain keteguhan hati, emang butuh banget yang namanya ILMU.

“Kekhawatiran akan hilang dengan ilmu.” –Ustad Khalid Basalamah.

Dengan bermodal buka sosmed sana buka sosmed sini, akhirnya nemu artikel tentang infuse water kurma yang bermanfaat bagi ibu hamil. Disini juga sempet ada beberapa testimony dari ibu-ibu hamil lainnya. Sebenernya simpel sih, cuma butuh kurma dan susu. Bisa susu bear brand itu, bisa juga susu plan, terserah doyannya apa. Jadi caranya, siapkan minimal 7buah kurma yang sudah dibersihkan bijinya. Masukkan kedalam gelas kaca yang berisi air (airnya dikit aja, kira2 sampe nutupin kurmanya), kemudian masukkan ke dalam kulkas semalaman (Saya biasanya bikin setelah buka puasa). Kemudian besok pas sahur, diblender sama susu tadi. Nah trus diminum deh. Katanya nih, minuman ini sudah mencukupi nutrisi bayi selama kita hamil. Untuk baca lengkapnya bisa search atau tanyakan ke dokter langsung biar manthep.

Sebenernya gak ada tuntutan ibu hamil berpuasa, ini tergantung dari diri kita masing-masing. Saya juga menyadari kalau ada juga ibu hamil yang mual muntah selama hamil 9bulan, ada juga yang memang keadaanya lemah sehingga harus bedrest selama hamil karena kandungan lemah. Banyak faktor sebenernya yang bisa jadi pertimbangan bagi ibu hamil untuk berpuasa. Kalau ragu, bisa juga konsultasikan ke ahlinya, dokter atau bidan. Dan dari beberapa cerita temen yang lagi hamil, biasanya dokter gak masalah untuk berpuasa atau tidak, tergantung sama kitanya. Mamah Dedeh pun pernah bilang, kalau sebenernya orang puasa di bulan Ramadhan itu gak bikin mati, jadi kenapa ibu hamil harus takut berpuasa?

Sugesti diri saat hamil itu sangat sangat berpengaruh. Kalau kitanya merasa lemah terus  menerus, ya kita bakal jadi lemes dan males-malesan. Tapi kalau kita ngerasa bisa, InshAllah akan ada tenaga buat ngelakuinnya. Awal hamil saya emang mengalami mual dan muntah parah (bahkan sehari bisa muntah sampai 5kali). Bahkan juga sempet stress karena takut gak ada nutrisi yang masuk untuk si Bayi. Dan kalau ditanya mau apa, rasanya pengen balik ke Jogja, makan masakannya ibu, kuliner disana, jalan ketemu temen, duh pokoknya manja dan homesick banget deh. Tapi trus mikir, apa iya harus gini terus? Kasihan si Bayi yang akhirnya kena dampak gara-gara super moody ibunya. Dan dengan curhat sana sini, saya belajar untuk bismillah bisa.

Adalah Mbak Irma, sepupu yang udah kasih banyak motivasi dan intropeksi diri saat saya nya lagi moody parah di trimester awal. Mbak bilang kalau kita bukan cuma meratapi nasib tapi juga harus cari solusi. Ketika gak doyan makan, ya nyari makanan atau bikin apapun yang kira-kira doyan dimakan. Selain itu, dia yang juga mengajarkan untuk berbicara ke Bayi untuk bekerjasama. Awalnya sih aneh, tapi setelah mencoba, yakin banget itu ngaaaaaaruuuh!
Gak lupa, Mbak juga ngingetin, kalau masih banyak di luar kita yang berharap bisa hamil, bisa dikasih amanah, nunggu anak lama. Dan kita, yang udah dikasih cepet, masak ngeluh? Ibaratnya nih, masih banyak ibu-ibu yang menginginkan posisi kita untuk hamil, dan kalau kita ngeluh cuma gara-gara ini? Malu dong sama mereka!
Dengan ketambahan keyakinan inilah yang bikin saya lulus dari trimester I J

Masuk trimester II udah bisa makan dan udah bisa kesana kemari, gak bikin jadi tambah males sebenernya. Suami udah ngingetin kalau ibunya selama hamil males, nanti anaknya selama hamil juga bakalan males loh! Ini nih senjata pamungkas kalau udah males mandi, Hahaha. Seperti di blog sebelumnya, udah bisa urus rumah, masak, bikin ini bikin itu, lakuin aja apa yang bisa untuk jadi kegiatan. Dan rasanya Alhamdulillah banget!

Back to Ramadhan, lebaran kemarin juga jadi moment special saya. Selain akhirnya bisa nyicipin masakan ibu, saya juga bisa kumpul sama sodara-sodara yang udah hampir setahun gak ketemu. Haha agak lebay sih, cuma di keluarga SUMAR tahun ini ada banyak kegiatan yang gak bisa bikin saya ketemu mereka karena kondisi hamil dan gak bisa perjalanan jauh. Raaasaaanyaaaa, udah gak bisa diungkapkan senengnya >,< (bahkan sampe sekarang saya nulis ini). Seneng bisa kembali ke zona nyaman, seneng bisa ketemu keluarga, seneng bisa kembali jadi diri saya yang lama. Apalagi ketemu saat udah hamil, banyak yang ngedoain, banyak diperhatiin, iiih seneeeng parah! >,<
Karena berat badan saya saat hamil gak berat-berat banget, kata mereka itu, 
‘dari dada ke atas itu kayak mega biasa, gak hamil, cuma perut doang yang gede.’ ‘Mega sekarang mah tetep cuma bedanya perutnya gendut dan sekarang udah gak seaktif dulu aja.’ 

Hahahahahhahahaahaa! LOL!
Ini nih kompaknya kami, sampe tau isi dalem dalemnya masing-masing kami. Antar sepupu kami sering curhat bareng, cerita bareng, dan doain bareng. Jelek-jeleknya kami pun mereka tahu, karena sedari kecil kami sering bareng. Apalagi pas remaja gini, malah biasanya, pacar-pacar kami pada cemburu kalo kita udah kumpul (ini sering banget terjadi karena saking dicuekinnya itu pacar). Yaaa secara dari kecil mandi bareng, ampe gede bobo bareng, gak kebayang deh proses pendewasaan yang kami lewati bersama.

Saya berterimakasih sama suami yang udah mau ngasih kesempatan untuk saya spare time lebih banyak sama keluarga saya. Juga terimakasih udah mau nemenin jalan paling belakang (karena udah lambat bawa perut) dan bantuin saya yang udah banyak gak mandirinya ini. Luvyumas!


Dan akhirnya trimester II ini ditutup dengan perjalanan kemenangan berpuasa di hari Lebaran dengan keluarga tercinta. Alhamdulillah J

0 komentar:

Posting Komentar