Jumat, 21 April 2017

Ngapain Meg?

Ngapain aja sih Meg kalau dirumah doang?
Ngapain aja sih Meg kalau gak kerja?


Haha ngapaaaaiin yaaa?
Fyi sih, semenjak hamil saya emang udah di rumah. Sebenernya sih gak niat mau di rumah. Jadi waktu itu, lagi ada sesuatu hal di sekolah yang bikin saya berniat untuk resign. Kemudian disaat bersamaan saya juga ditawarin sama temennya Mas buat masuk kerja di PU Banyuwangi. Kebetulan temen Mas itu perempuan dan bos nya di bidang itu mantan Bos nya eMas. Jadi setidaknya udah kenal lah yaa sama lingkungan kerjanya.


Tapi ternyata, saat proses resign saya malah dapet kabar kalau HAMIL. Subhanallah waktu itu rasanya heeepiii dan jugaa biiiinguuuuuung baaangeeeettt. Proses resign udah selesai dan tawaran udah dateng. Jadi di tengah-tengah kegalauan akhirnya mikir berdua sama suami.
Pertimbangannya banyak. Pertama kerja, siapa sih yang gak mau kerja di tempat yang diinginkan? Sesuai dengan passion kuliah kamu? Kadang kalau lagi liat kabar temen di sosial media, rasanya kangen juga pengen ngerasain hal kayak gitu, survey, bikin peta, laporan, tau kabar ini itu, rasanyaaaaa berasa banyak yang gak saya update dan gak tau perkembangannya. 4 Tahun kebiasaan kuliah gak akan bisa hilang dengan sekejab. Ya walaupun kadang bosen dan yaampuun peta lagi laporan lagi, but sometime you’ll miss it.

Kedua itu anak. Seperti cerita sebelumnya di blog, saya kerja buat nunggu dapet amanah anak. Nah sekarang ketika udah dapet amanah, trus mau apa? Ini pertanyaan sempet bingung dan bikin berhari hari maleeeees mau ngapa-ngapain. Pas nanya sama suami, dia sih tetep sama prinsip dulu, maunya istrinya di rumah.

Tapi akhirnya mikir juga, kalau kerja semacam PU itu bukan kayak kerja guru. Pagi berangkat, apel, ngerjain tugas, trus pulang sore. Belom survey survey yang bikin pulang makin sore atau bahkan bisa juga diajak pergi dinas. Udah gitu, kalau misal saya masuk kerja, ya nanti kalau selama hamil gak ngalamin mual dan gejala gejala hamil muda lainnya. Takut banget ngerepotin. Trus belom lagi missal cuti-cuti. Duuuh saya cuma honorer dan banyak cuti atau ngeluh karena lagi hamil muda, kan rasanya gak sesuai aja. Apalagi aku masuk karena nama suami. Kebayang aja nanti ada apa-apa jeleknya aku jadi jeleknya suami. Soooo, dengan pertimbangan banyak itu, saya berhenti kerja dan dirumah saja J


Dirumah ngapain aja?

Nah ini berproses sih yaaa. Haha maksudnya gini, awal-awal hamil itu aku ngalamin banget mual dan gak doyan makan. Bahkan buka mejikom nasi aja langsung eneg. Gak doyan banget nasi rumah atau masakan rumah. Walhasil yang ada saya jajan dan nebeng sama tetangga deket rumah kalau mau makan. Sempet ditinggal untuk dinas Jakarta selama seminggu dan bolak balik dinas Surabaya. Tapi akhirnya setelah masuk bulan ke 4 atau trisemester II, semua berjalan seperti semula. Udah doyan makan, udah pengen beli ini itu. Dan lagi doyan masak-masakan.

Kalau misal ketemu atau ditanya kabar sama temen, “sibuk apa sekarang Bu? Meg?” aku pasti akan bilang, lagi seneng masak dan bikin-bikin.

Haha receh banget sih Meg masak, kan emang dirumah ya masak. Nope. Bagi saya masak itu jadi ajang kegiatan. hahaha. Saya yang dilahirkan dengan kemanjaan super duper ini, jarang banget masak atau turun ke dapur. Selain semua sudah di sediakan my super mom, sayanya juga udah disibukkan dengan kegiatan kampus atau sekolah. Dari SMP saya udah ikut beladiri dan turun di kelas fight dimana kamu diharuskan untuk selalu latihan latihan dan latihan. SMA saya disibukkan dengan kegiatan OSIS, beladiri dan juga sibuk acara kepanitiaan sekolah. Dan terakhir di Kampus, saya disibukkan dengan kegiatan himpunan, tugas kuliah, komunitas sosial, dan bahkan kerja. Pokoknya udah gak ada deh itu di rumah seminggu full. Adaaaa ajaaa kegiatannya. Dan karena hal ini saya emang gak bisa cuma diem dirumah. Setelah lulus kuliah, saya langsung persiapan menikah. So, kebayang kan ya saya belajar masak, beberes rumah, ngurus ini itu dari mana?

Hal simpel yang saya pertama belajar itu, mengatur uang. Yap saya memang beberapa kali ditunjuk jadi bendahara sepanjang masa, bahkan sejak SMA hingga di kampus Tapi yaa, namanya mengatur uang itu gak segampang itu. Saya sendiri saat masih belom menikah, ngatur uang itu masih susah, masih boros. Haha ini jujur banget. Saya dapet beasiswa yang mana beasiswa itu membiayai urusan kampus dan juga uang saku. Kebayang dong saya yang masih tinggal dengan orang tua, masih bisa minta ini itu, harusnya bisa dong NABUNG. Tapii saya itu boros, setiap ada uang, ada aja itu keluar buat beli kado ini, buat donasi ini, buat kegiatan ini, dan bahkan buat beli-beli. Selain beasiswa saya juga punya usaha jualan tahu bakso juga kerja foto weding prewedding. Tapi itu semua entah hilang kemana. Haha. Ibarat kata nih, itu uang gak ada bentuknya. Gak ada hasil untuk beli HP misalnya, beli motor misalnya? Haha (Aku lupa beli HP terakhir pake uang siapa).

Kembali ke masak, jadi berbekal internet dan nginget nginget, setiap weekend suami dan saya jalan jalan ke pasar buat beli bahan belanjaan seminggu. Sayur itu wajib, trus ada lauknya kayak ayam atau ikan, trus baru belanja bahan lainnya, misal kerupuk, telor, tepung, minyak dll. Kadang tiap minggu selalu bikin ager-ager. Kalau lagi iseng bikin kentang goreng, risol, apa aja asal gampang dan bahannya juga murah hehe. Plis ya emak-emak, disini itu gak semudah kota besar yang pasti ada indogrosir, progo, atau carefore yang komplit bahan import eksport gitu. Jadi bahannya yang mudah ditemui dan gak perlu beli online. Walau sebenernya kadang pingin sih bikin yang aneh aneh yang mengharuskan beli online. Tapi takut aja keburu beli dan gak sempet bikin. Atau ternyata gak sesuai?) Jadi sekarang lebih fokus untuk banyakin menu masakan rumahan untuk suami dibanding bikin camilan camilan hehe. (selain itu suami juga gak suka yang aneh aneh sih, dia lebih mending nasigoreng dibanding spageti, jadi kebayang kan malesnya bikin aneh aneh kalo gak dimakan? Wkwk)

Selain masak, kegiatan menyenangkan itu ngeblog sama nonton film. Hehe. Biasanya kalau siang suami dateng buat makan di rumah. Setelah itu, dilanjut istirahat atau bikin camilan. Ohya, fyi namanya bumil itu kadar malasnya saaaaangaaaaat tinggi. Jadi emang harus banyak banyak istirahat. Tapi bukan harus juga sih, kadang kami emang butuh istirahat. Kalau saya, abis lelah masak dan nyiapin buat paginya, biasanya ngaso dulu ngelurusin punggung sambil tiduran. Nanti kalau udah gak ada kerjaan, baru deh dilanjut tidur. Tidur bumil versiku itu 2jam setiap hari. Haha. Soalnya kalau gak pake istirahat dan tidur, biasanya malemnya udah ngantuk dan pegel banget itu punggung. Jadi emang diharusin istirahat tiap hari.

Nah itu dia bahagianya jadi ibu rumah tangga yang lagi hamil, hahaha. Versi akan berbeda jika nanti ibu rumah tangga nya udah punya anak atau ibu kerja yang udah punya anak. Saya sih gak tau akan bagaimana kehidupan nantinya, tapi untuk sekarang, saya sudah cukup bahagia buat bisa dirumah dan mencukupi apa yang dibutuhin suami. Rasanya kalau nyapu, trus kebayang muka suami yang bahagia rumahnya bersih. Kalau lagi masak, kebayang suami yang bahagia bisa makan enak. Udaaaah gituuu aja tiap hari :’D

Semoga rasa bahagia gini bakal terus ada dan gak ada bosennya. Semoga segala kegiatan yang saya lakukan jadi berkah dan ridho dari suami dan Allah SWT. Semoga makin bertambah skill memasak saya, makin bertambah skill kemampuan mengatur rumah saya, dan semakin barokah rumah tangga saya, aamiin aamiin Ya Rabbal’alamin.
Terimakasih telah membaca J


1 komentar: