Selasa, 08 November 2016

Ups! Hati-hati MILIH ISTRI!

Hai hai setelah beberapa bulan, kali ini ada bahasan menarik yang pingin aku share. Ohya, ini bukan berarti saya mau mencontohkan jadi istri yang baik yaa (da aku mah apa atuh, deburan rinso yang sekali kucek langsung hilang, hfvt-_-")
Nah ini bercerita setelah jadi seorang istri sih. Jadi setelah menikah banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari sebuah kisah orang. Ya sejujurnya saya dapet ini juga dari hasil ngomongin orang (bahasa lain dari GOSIP) Tapi bedanya disini bukan mau menjelekkan orang ya, tapi mau ambil hikmah dan pelajaran biar gak terulang atau dilakukan sama orang sekitar kita (semoga kita juga terhindar dari ini, aamiin). So, mulai kisahnya yok!

Berhati-hatilah memilih pasangan!
sumber

Flashback, saya menikah di usia muda salah satunya pingin melaksanakan ibadah dan menyempurnakan iman. Nah oleh sebab itu, yang namanya milih pasangan itu gak boleh salah dari awal. Mimpi! mimpi punya pasangan yang seperti ini seperti itu, itu boleh banget! Iya memang saat kamu jatuh cinta gak bakal bisa liat buruknya pasangan, tai ayam aja serasa coklat, tapi pas kamu lagi di-PDKT-in, lagi berteman, pasti masih bisa mikir kan mana yang bisa dijadiin pasangan dan enggak? hayo deh gak usah bohong..... kalaupun kamu beneran buta waktu milih itu pasangan, bisa jadi kamu lupa berdoa sama Tuhan buat dideketin sama yang baik dan sesuai sama pilihanmu.
Saya dulu pernah doa sama Allah, kalau saya beneran jatuh cinta, maka jatuhkan hati saya sama laki-laki yang juga menjatuhkan hatinya ke Allah. Dan doa paling sering saya doakan yaitu doa biar pas saya jatuh cinta, saya gak hilang akal dan tep gantungin hati ke Allah, gituuuu teruus aja. Apalagi Allah yang membolak balikkan hati kita. Pas saya berharap cuma ke manusia, Allah kasih kecewa ke hati saya buat balik lagi pasrahin hatinya ke Allah. Sering kecewa? sering lah, namanya juga manusia, tapi yang paling penting seberapa sering kamu bisa balik ke Allah, itu pilihan, tergantung kamu.
Nah dari awal proses itu banyak banget pertimbangannya sebenernya, cuma biar langsung ke intinya, case kali ini jika kamu telah memilih pasangan seumur hidupmu. So? Apa sih Meg yang bikin khawatir? Ceritanya ini ada dua case yang sama-sama punya permasalahan yang sama, yaitu karena istri, suami berani ini dan itu.

Cerita yang pertama itu dialami sama lelaki yang kerja di pondok tempat saya bekerja. Lelaki ini usut punya usut sudah cukup sepuh (punya cucu) dan dahulunya diberi tugas untuk menjaga proyek pembangunan yang ada di pondok ini. Namun terlalu seringnya ini bapak melakukan korupsi maka Abi (panggilan untuk Kyai di pondok saya) sampai mau memecat ini bapak, dan kabarnya sudah sampai kemana mana. Bagi orang yayasan dan yang kerja di pondok sudah tau semua kisah bapak ini (bapak ini sering muncul dan selalu ada di pertemuan soalnya). Saya dan suami pernah ke rumah beliau saat istrinya sakit. Waktu itu karena bapak ini sedang melakukan ijin pembangunan ke kantor suami saya, alhasil bapak ini sering berhubungan dengan suami. Selain itu, karena bapak ini selalu ada di kantor paud, jadi saya juga cukup kenal dengan beliau. Pas ke rumahnya saya baru tau kalau beliau ini ternyata udah punya cucu yang sekarang sudah SMA! Bayangin tua banget kaaaan -_-. Trus akhir-akhir ini karena proyek sudah sedikit berkurang (fyi, pondok saya lagi mau peresmian dan baru satu tahun jadi lagi banyak banget pembangunan di komplek pondok, baik fisik maupun sistemnya juga baru banget) jadi Abi sempet mecat beliau, hal ini karena sebenernya sebelumnya pernah ketahuan dan meminta kesempatan kedua, tapi ternyata diulang lagi sampe sekarang. Abi sampai minta ketua yayasan pondok buat nanganin ini. Tapi ternyata si bapak ini gak paham kalau di pecat (maklum pakai bahasa sms dan bahasa halus gitu) dan karena kasihan, yaudahlah sekarang ini bapak dibiarkan menangani apa aja serabutan gitu (jadi gak tetap tugasnya apa). Dari kawan terdekatnya, saya denger kalau si bapak ini melakukan itu karena si bapak kudu ngasih setoran ke istrinya sekitar 250ribu per minggu (lupa per bulan atau per minggu). Trus pas saya nya denger, just said "oooOOooohh...." kayak segala pertanyaan itu terjawab dalam satu pernyataan. Katanya ini udah lama dia melakukan ini dan pernah dalam proyek proyek yang lain. Yang beliau lakukan itu adalah nambah anggaran proyek dari harga seharusnya. Dan pas saat pembayaran ke toko, itu tetiba ada selisih banyak dan bahkan hutang (uang nya kepotong gitu di beliau). Mohon maaf yaaa jika terlalu detil, saya cuma gak mau nambah fitnah atau prasangka buruk jika ada yang gak paham sama kasus ini. 

Dan begitulah kisah yang pertama, yang kedua sebenernya gak jauh beda, cuma begini lebih jelasnya...

Kedua itu tentang orang yang bekerja sebagai tukang kebun atau yang bebersih sekolah saya. Lelaki ini keliatan masih muda bagi saya, tapi ternyata udah punya cucu 2. (Kayaknya karena di Banyuwangi banyak menikah muda, jadi kakek nenek disini gak keliatan setua itu). Nah orang ini dahulunya bekerja cs di sebuah hotel dan punya anak buah, kebayang dong ya tingkat jabatannya jauh dari yang sekarang ini. Dan karena sesuatu hal, dia pindah dan mengabdi sama Abi, kebetulan juga dia tetangga di kampung kelahirannya Abi. Dulu dia suka banget ngobrol sama saya tiap pagi sebelum guru-guru yang lain pada dateng (maklum saya selalu duluan kalo dateng). Tapi akhir-akhir ini ada yang beda, udah jarang ngobrol dan berubah gak seramah dan banyak omong kayak dulu ( bisa ya orang berubah segitu cepetnya) Beliau berubah semenjak pingin minjem uang ke sekolah untuk biaya keperluannya di kampung, saya diminta tolong untuk menyampaikan ke Kepsek. Sesungguhnya saya gak tau menahu keputusannya jadi dipinjemin apa enggak, tapi karena setelah hari itu dia berubah, akhirnya kepsek saya yang cerita kalau si bapak itu belum juga mengembalikan dari janji tanggal yang ditentukan. Trus bulan ini saya dapet kabar kalau si bapak itu menghubungi kepsek saya buat minta gaji bulan ini dan minta excuse belom bisa mengembalikan uangnya. Nah kan saya ikutan bingung, kok bisa dan berani gitu? Saya diem. Nah pas saya ketemu sama Umi, ternyata si bapak ini punya kasus juga sebelumnya, dia suka minjem-minjem gitu. Katanya, Umi juga sempet diperingatin sama tetangga di kampung juga, cuma waktu itu Umi belom percaya. Dan sekarang banyak yang kena pinjem di pondok ini, Umi, budhe yang jaga kantin, kantin, dan juga sekolah. Trus usut punya usut, istrinya bapak ini suka berdandan mewah, mau ini mau itu (saya pernah diceritain tentang istrinya yang katanya suka kerudung saya dan si bapak minta kerudung kayak gitu ke saya, dan anehnya gak ada rasa pekewuh gitu :(. 

Tuh kan, lagi-lagi karena istri, seorang suami bisa tanpa malu gitu melakukan ini itu walaupun sudah banyak yang tau. Kadang saya suka kasihan sama suami, tapi bukan berarti suami itu salah sih. Mungkin suami nya yang kurang tegas dan menjelaskan mengenai duduk perkaranya. Saya mikir, kenapa gak si suami menyadarkan keadaan pekerjaan suami yang seperti ini itu? Tapi kemudian muncul pertanyaan, apakah si suami yang tidak menjeaskan dan tidak tegas menolak, atau bisa jadi si istri yang tidak mau menerima keadaannya? Wallahualam. Saya gak berani mikir lebih jauh lagi, karena biasanya permasalahn keluarga itu masalah kompleks. Ya lingkungan sekitar ya ngaruh, background keluarga ya ngaruh, masa lalu juga ngaruh, duuuuuuh banyak deh pertimbangannya. Apalagi saya yang baru mulai berkeluarga, kayaknya perlu banyak belajar dan berhati-hati aja sama setiap keputusan. 
Hal ini bisa terjadi sebaliknya loh ya, milih suami juga kudu yang punya landasan agama. Kalau kata pakdhe saya "milih pasangan itu yang make agama, bukan cuma ngerti agama.". Yap! itu bener-bener manjur. Bagaimanapun kelakuan dan masa lalu kita, kaalaaauuuu pasangan kita landasan agamanya kuat, InshaAllah selalu dalam hidayahNya deeeeh. 
Kita keblabasan dikit, pasangan yang ngerem pake ajaran agama. Kita mau menentukan ini itu, diliat dulu hukum nya gimana. Duuuuh ayem kali yaa kalau kayak gitu >,< wkwkw
Dan tugasnya kita, bukan cuma milih yang pake agama, kita juga kudu ngerti dan make agama. Mau po dibohongi sama orang karena kita gak tau agama? Apalagi kayak kasus yang akhir-akhir ini lagi ribut..... 
Ya intinya kudu sama-sama ngerti dan make lah, jadinya saling mengingatkan. Kan pasangan itu cerminan diri kita, jadiiiiii kalau prosesnya melibatkan Allah, InshAllah deh akan sesuai :)) aamiin.



Banyuwangi, 8 November 2016
Yang masih selalu belajar dan belajar jadi istri terbaeknya mas Zeindha 

0 komentar:

Posting Komentar