Selasa, 27 September 2016

tips n trik mudik pertama penganten anyar!

HAPPY IED FITRI :)
Selamat hari raya idul fitri yang udah telat di posting hampir 3 bulan laaluuu >,< wkwkwk
Jadi, karena akhir-akhir ini lagi berpikir daripada bobok siang yang bikin malem insomnia, mending saya gunakan waktu buat ngelakuin sesuatu. Nah saya memilih menulis di blog!
Why? selain lagi belajar menulis, saya juga lagi agak banyak pikiran, dan karena belom nemu partner ngobrol yang pas, so saya memilih menulis biar lebih bermanfaat, hahaha

Lanjuuuutt. Untuk Idul Fitri kali ini, berbeda baaanggeet! Sebelum mau lebaran, pertama yang disiapkan adalah TIKET! nah karena aku ada mertua di Surabaya (lebih deket daripada ke Jogja) jadi yang pertama adalah mampir ke Surabaya dulu. Semua dipersiapkan dari tiket pulang dan berangkat Banyuwangi Surabaya. Itu pun nyari yang berangkat Jumat malem (jumat hari terakhir suami kerja) dan pulang minggu malem (senin pas suami masuk kerja lagi). Jadi petmepet banget lah ini liburannya, hahaha.


1 Jui 2016
Tiket yang kita beli itu tiket kereta, cuma karena ada bencana di daerah mana gitu saya lupa, jadi gak bisa dilewati dan tiket terpaksa dikembalikan. Akhirnya sama suami beli tiket travel dari Banyuwangi  (Bwi) ke Surabaya (Sby).

2 Juli 2016
Pagi kami sampe di Surabaya, abis itu siangnya setelah istirahat dan mandi-mandi, saya dan suami jalan jalan lah ke Tanjung Plaza Surabaya. Why? karena kami baru nyari barang-barang lebaran yang susah atau gak ditemukan di Banyuwangi, hahaha. Setelah suami dapet sepatu baru, saya dapet celana baru, lanjut pulang dan istirahat. Waktu itu masih puasa, jadi malem masih buka puasa dan taraweh di rumah.

3 Juli 2016
Karena semenjak nikah saya belom pernah jalan-jalan ke rumah saudaranya suami, jadi sore itu kami jalan ke rumah budhe bulek nya suami. Saya lupa dari mana ke mana nya, cuma itu muter ada 3 tempat yang kita singgahi. Dan ini foto selfie kami :3

Ayah (nyupir) - Mbak Biba (kerudung merah) - Ibu (kerudung hijau)
Awalnya sih mau kunjungan setelah lebaran aja, cuma karena takut gak sempet dan belom tau rencana balik dari Jogja nya kapan, jadi kami nduluin gitu, hehehe.

4 Juli 2016
Otw ke Jogjaaa. Berangkat nya agak siang (lupa jam berapa) dan sampai Jogja itu jam 10.00 malem. Katanya sih itu termasuk lancar dan gak ada macet-macetnya.
Kunjungan pertama ke rumah Wirobrajan dan Ayah Ibu (panggilan buat mertua) buat nginep disana.

5 Juli 2016
Pagi itu, saya dapat kejutan. Ternyata adek saya yang paling ndut pulang tanpa ngabarin kalo cutinya bisa dimajuin, hahaha. Seneng banget sih, akhirnya bisa lebaran dan kumpul bareng! :3
Setelah siang saya nyuci (lumayan ngurangi baju kotor dan malah bisa dipake lagi haha), sorenya kami berdua jalan ke Ramai Mall. Ceritanya sih mau nyari modem wifi portabel, cuma karena gak ada dan dapet titipan dari adek, jadi kami cuma belanja titipannya adek hahaha.
Malam nya takbiran! cuma jalan jalan motoran sambil nyari kue buat besok muter ke Puring.

6 Juli 2016
Pagi Sholat Idul Fitri di Lapangan Mancasan!
Setelah Sholat, dilanjut ritual biasa (halal bihalal di masjid) dan lanjut perjalanan ke Puring. Sampai di  Puring kami nyekar plus ke tempat beberapa sodara, trus pulang. haha. Sampai rumah Jogja itu jam 10 malam (teepaaarr)

7 Juli 2016
Setelah agenda Wirobrajan, lanjut ke agendanya Pakem. Jadi karena suami masih ada nenek di Pakem Sleman, saya dan suami juga masih ada acara muter muter ke rumah sodara Pakem se-ha-ri-an! hahaha *begini nasib sudah menikah, gotong sana gotong sini,wkwkw*
Sampai rumah wirobrajan itu jam12an kalau tidak salah, karena abis dijemput sama Henrry, kita jalan makan dulu nyari mister burger kepinginannya suami (maklum Bwi gak ada).

8 Juli 2016
Karena agenda nya banyak, so kami memutuskan buat PIJET! haha saya sih sebenernya yang kepingin, jadi akhirnya saya pijet suami nunggu sampe jumatan kelar.
Siangnya, udah ada agenda lagi, yaitu halal bihalal ke Klaten. Ooolalaaa, kami berangkat siang itu ke Klaten dan ini selfie kami :3


ketawa soalnya kata Adek, dia doang yang gak ada pasangannya, hahaha >,<

my everything :)

9 Juli 2016
Puulaaaangg....
Dengan insiden HP ketinggalan, handuk dan peralatan mandi ketinggalan, (kata adek karena aku gak pernah mudik, jadi apa2  ketinggalan iyasih dek :(
Pagi sekalian nganter saya ke Pakem, Adek nganter mamas dari Palembang juga balek ke bandara. Akhirnya rumah Wirobrajan sepi laagiii :((
Nah hari itu otw ke Surabaya maceetceeet! Sampe rumah sekitar jam 1 pagi. hfvt mudik.

10 Juli 2016
Nah karena saya itu pingin bebek sinjay nya Madura, alhasil sama mertua saya diajaklah ke Bebek Sinjay yang terkenal banget itu. Sampai sana Peeeenuuuuuh buuaaangeett (maklum pas jam makan siang). Trus sorenya kita mampir solat di masjid Madura sebelum melewati Jembatan Suramadu. (Yeay akhirnya ngerasain juga, haha)
Maalamnya, berkemas untuk pulang, karena besoknya udah langsung kerja. Untungnya jalur kereta sudah normal, jadi pulangnya pakai kereta dan taksi.

Fyuuuuuhh, lebaran tahun ini super duper teepaar dan bahaagiaa. hahaha.
tepar? karena kampung halamannya ada banyak (surabaya, jogja-wirobrajan, jogja-pakem) hahaha. Trus bahagia, karena nambah sodara banyak, hahaha

Pesan buat yang akan menikah atau sama kayak saya (mudik pertama kali), persiapkan:
1. DAFTAR KULINER. ini penting banget, karena nanti kamu pasti pingin banyak dan malah jadi gak fokus. Cari yang sekiranya di kota perantauan gak ada. Mungkin emang gak semua bakal dicoain, tapi setidaknya itu bikin kamu punya destinasi alternatif ketika pas lagi gak ada agenda bareng keluarga.
2. DAFTAR ANGPAO. Nah ini nih yang penting banget, haha. Karena saya baru aja menikah, jadi saya punya kewajiban buat ngasih amplop.( Kalau suami sih sempet kerja lama duluan, jadi ini udah ke dua kali lebaran dia kasih) Dan itu gak gampang loh. Tega-tega an ngasih segitu, dan di list. Apalagi kalo daftar keponakan sepupu kamu banyak ditambah daftar keponakan sepupu dari suami banyak. hmmmm bisa deh berapa jeti keluar. Haha tapi bukan masalah uang nya sih, paling gal, ketika kamu udah buat daftar ini bisa nyisihin dan pas di kampung halaman gak tekor karena khilaf belanja. hehe.
3. AGENDA KELUARGA. Ini juga penting banget! Konfirmasi sebelumnya, acara dari keluarga laki-laki itu hari apa aja, punya ritual apa aja (misal syawalan trah ini itu) dan juga dari keluarga kita. Coba di tulis, hari pertama ke keluarga mana, kedua ke keluarga mana, itu juga penting. Biar keluarga kalian gak saling rebutan atau miskom. (Maklum orang tua kan pinginnya anaknya ikut acara ini itu). Jadi kalo pas ditanya agenda hari H+1 kemana H+2 kemana kalian bisa kompakan jawab. Dan pasti ketika orang tua kamu (atau mertua) udah ngerti sama agenda kalian yang harus gantian, pasti gak akan ribet kok

Saya dan suami, H-1minggu udah nyoba nulis list diatas. Ya walaupun banyak perubahan, tapi gak signifikan. Setidaknya masalah keuangan masih cukup dan dibeberapa hal sudah tertangani.
wih panjang yaa, dan suami sudah pulang, dah semoga tips nya bermanfaat. Bye!

Banywangi, 27 September 2016

0 komentar:

Posting Komentar