Senin, 28 November 2016

deep conversation

hmmm..
"meg besok abis kuliah mau kemana?"
"hmmm... mau jadi ibu rumah tangga aja, haha"
"serius? ohh aku pikir kamu tipe wanita karir..."
"hmmm?hehehe..."

Sepenggal percakapan yang masih teringat banget sampe sekarang (usia pernikahan 6bulan) dan cukup bikin baper. Pertanyaan itu yang nanya seorang temen cowok yang udah lama gak ketemu dan pas itu kita emang lagi diskusi masalah kuliah dan masa depan. Sebenernya gak cuma sekali ditanyain sih, dan anehnya yang nanya malah kebanyakan para cowok karena dasarnya temenku dulu banyakan temen cowok. (maklum anak fotografi dan anak beladiri itu emang jarang ada ceweknya). Dan sekarang kadang masih suka kepikiran banget apa yang bisa bikin hati ini rasanya mantheb banget buat milih jalan ini.
Yap, sekarang sih emang totally belom sepenuhnya jadi ibu rumah tangga. Beberapa pertimbangan seperti anak dan juga kebiasaan yang gak bisa diem dirumah, jadi alesan akhirnya saya dan suami nyari kerja yg gak nyita waktu banyak.

Awal menikah emang saya dan suami sempet ada pertanyaan akan kemana dan bagaimana. Pertanyaan ini muncul pas itu (inget banget) hari terakhir puasa, malem setelah saya ketemu org tua mas (yg lagi mudik ke jogja) dan karena bingung nyari tempat nongki yang buka, akhirnya mutusin utk ke kfc. Setelah ngobrol cukup panjang, akhirnya saya nanya kalau dia maunya istri yang bagaimana? dan dia menjawab "mas sih pinginnya punya istri di rumah. cuma mas kan tau adek gak bisa diem di rumah, jadi terserah adek mau nyari kerja atau gimana." seketika saya sempet kaget. haha yaiyalah >,< mas ku ini kan super pendiem, jarang banget cerita maunya apa, susah deh nebak apa yang dimauin. nah pas dia bilang gitu, jujur rasanya seneng banget dia bilang apa maunya dia, tapi juga ada rasa kaget dia pingin seperti itu. akirnya saya jawab "ya adek juga pingin di rumah, adek pingin kok jadi ibu rumah tangga kayak yang adek selalu bilang, cuma adek gak tau kalau misal sendirian dan belom punya anak gimana rasanya tinggal dirumah terus. mas kan tau adek kegiatannya selama ini gimana." dan suami saat itu emang beneran ngebebasin saya untuk bagaimana nantinya di Banyuwangi.

Perjuangan di Banyuwangi gak mudah guys, dari gak kenal siapa-siapa, setelah seminggu pindah kemudian suami dapet dinas ke bogor dan saya bingung mau gimana (akhirnya saya ikut sampe surabaya), trus di rumah yang senbosen banget, suami yang pulang kerja capek masih harus nemenin saya jalan-jalan karena saya di rumah seharian. Gak ada tempat hiburan, mall juga cuma dua dan itungannya kayak model progo gitu kalo di jogja. Bahkan sempet saking bosennya kita ke bioskop 2x seminggu karena saking bingungnya mau kemana dan ngapain. Hahaha.

But i always said that iam the lucky wife ever...
Sejak pertama kami akan serius menikah, dia selalu meminta maaf karena akan mengajak saya jauh dari Jogja. Yap saya itu sejak kecil sampe kuliah di jogja selalu, gak pernah nge kos atau ikut orang (kecuali KKN di papua selama 2 bulan itu). Toko ini itu sampe koneksi orang-orang sudah terbilang cukup terjaring luas. Kamu butuh ini itu tinggal hubungi ini itu. Kemana aja kamu pergi, pasti bakal ketemu si ini dan si itu. Hmm rasanya emang jogja itu sempiit piit piit dan nyaman sekali.
Dan sekarang demi dia saya akan meninggalkan segala kenyamanan saya. Hehe. Memang sih bukan perkara mudah, saya orangnya logis, bukan berarti karena cinta saya rela diajak kemana aja bahkan ke tempat yang saya belom pernah tau. Tapi semua saya pikirkan dari hal sepele, "kalo bosen pergi kemana? kalo beli ini itu dimana? kalau mau main wisata kemana? temennya siapa aja?" dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan standar yang jadi pertimbangan. Keputusan besar, yes sangat besar. Keputusan untuk menikah muda dan keputusan untuk jauh dari zona nyaman itu gak mudah buat seumuran saya (kata beberapa orang). Tapi waktu itu niatnya udah Lillahi ta'ala. Allah itu selalu bersama hamba Nya dan Allah itu punya rencana terbaik buat saya. 

Dan setelah saya lulus (dan akhirnya ditembung serius) saya berniat untuk mencari pekerjaan di jogja (sembari nunggu hari nya) dan gak nyobain bank atau ke kemen jakarta seperti teman2 lain.(padahal suami waktu itu ngijinin kalo kerja di jakarta karena sodara ku beberapa di kemen PU,sesuai sama rencana ku dulu masuk PWK). Tapi pas itu karena niatnya udah mau nikah, jadi ya saya pikir, "ngapain sih nikah jauh-jauh, lah wong pahalanya istri itu ada di suami. ridho nya istri itu ridho nya suami. Trus buat apa duit banyak kalo gak buat nyari bekal besok di akhiratnya?" 
akhirnya sampailah saya pada titik ini. Titik dimana banyak adaptasi (ke suami, ke lingkungan ibu-ibu, ke adat budaya daerahnya) dan pelajaran lainnya. Untungnya suami itu suami siaga yang tiap apa mau istrinya lebih sering diturutin. Alhamdulillah jadi motivasi buat gak kepikiran kampung halaman.

Fyi aja, beberapa bulan disini saya lebih banyak sakit. Entah waktu itu bawaan mau isi (yang belom jadi) atau emang homesick saya juga gak paham. Dan bahkan sampe sekarang kalo rasanya menthok atau lagi sakit banget, bawaannya pingin banget ngabur ke jogja. Haha but it's ok, ini pendewasaan saya. Sekarang beruntung banget kerja sama anak-anak (makasih bu guru rekomendasi nyaaa :3) dan dalam seminggu ada beberapa jadwal rutin yang harus dihadiri sebagai pelaku sosial di masyarakat. Sekarang juga udah punya temen, yang bisa diajak ngalor ngidul bareng, kalo ada masalah bisa nanya ke temen-temen, tetangga yang baik yang suka ngasih makanan karena dianggep anak sendiri, kalau di jalan ketemu murid suka dipanggil ustajah dengan muka ceria. Sumpah rasanya cuma bisa bilang Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah sama Allah yang udah kasih jalan cerita seindah ini, dan juga sama mas yang udah ikhlas, udah ridho sama segala kegiatan adek, dan yang pasti udah mau milih adek jadi pendampingnya emas. *maaf baper baper*

And the last, deep conversation ini terlintas karena tetiba beberapa grup mendadak rame, keinget temen-temen seperjuangan kkn, temen-temen seperjuangan ospek, temen-temen seperjuangan kuliah, yang akhirnya jadi mikir, sudahkah jadi ibu rumah tangga yang diimpikan? Haha yang pasti belom bisa menjawab, soalnya jadi ibu rumah tangga itu bukan target lagi, tapi proses. Tetiba aja kepikir pingin sekolah s2 lagi, trus suami juga ada target persiapan s2 lagi via kantornya, trus target target lainnya. (pingin punya anak itu bukan target atau rencana yaa, tapi itu rejeki. Gak perlu di pikirin, Allah udah punya jalan ceritanya sendiri, buat kita, dan yang terbaik bagi kita. Nah masih mau ragu sama takdirnya Allah? enggak deeeehh....)

Karena suami pulang telat, jadi saya mau bebersih dulu, hahaha. byebye!
Banyuwangi, 28 November 2016

3 komentar: