Minggu, 26 Agustus 2018

"Mendidik dengan Kekuatan Fitrah" - NHW4/ MIIP/ Batch 6

Haaaiii NHW >,<
Butuh perjuangan menyepi dulu yes baru bisa meresapi apa yang dimaksud dan bagaimana penjabarannya. Karena terkadang cara penyampaian itu penting untuk mengetahui maksud dari apa yang telah kita pikirkan.
And this is it, bismillah hasil renungan mak Prabu, cekidottt

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Let see, jurusan yang saya pilih dahulu sepertinya masih sangat umum, dan sepertinya mamak akan merubah ke hal yang lebih spesifik. Jurusan nya adalah jurusan berbagi. Kenapa berbagi? karena mamak baru sadar, bahwa ternyata sejak jaman muda, masih sangat cinta dengan komunitas dan berbagi ke sesama dalam bentuk kegiatan apapun. Termasuk mamak ikut kelas IIP dan konmari ini. Tujuannya ingin menjadikan mamak lebih baik lagi dalam hal profesionalitas seorang perempuan, juga dalam hal berbenah (dalam segala jenis kategori). Jadi, prinsip mamak, ingin menjadikan pribadi yang lebih dahulu sambil berbagi apa yang telah mamak dapatkan selama ini. Karena berbagi gak cuma butuh barang, tapi harus ada bekal ilmu dan juga adab yang harus kita gunakan :)

b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Alhamdulillah beberapa memang sudah jalan, dan beberapa lainnya memang masih perlu diagendakan lagi. Tapi hampir 50% sudah bisa berjalan karena checklist yang kemarin mamak susun sudah hampir mirip dengan keseharian. Bismillah untuk bisa konsisten dan memantaskan diri lebih baik lagi :)

c. Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Insha Allah sejak awal kepindahan saya di Banyuwangi dan kemudian menuliskan tugas tsb, saya menyadari betapa ini adalah tujuan Allah mengantarkan saya menjadi Mega saat ini. Ada banyak cara yang Allah lakukan kepada saya hinga saya harus sejauh ini menjalani peran hidup di tempat yang jauh dari zona nyaman saya. 
Setelah berpindah, adanya jarak antara ilmu-ilmu yang saya miliki dan lingkungan sangat berbeda jauh. Saya masih ingat rasanya tertatih-tatih untuk menyamakan pikiran dan tidak meng "under estimated" kan lingkungan saya. Dan saat ini saya semakin merasakan betapa saya sangat bahagia menjadi pembawa ilmu yang dapat bermanfaat bagi sesama, begitupun lingkungan baru saya yang membuat saya belajar banyak menjadi seorang ibu.
  • Misi hidup: menjadi orang yang bermanfaat dengan memberikan hal yang dapat diberikan. Misalnya, perhatian ke sesama lingkungan, ilmu baru tentang parenting, maupun barang yang dapat dibagikan kepada sesama.
  • Bidang: Masyarakat pada umumnya
  • Peran: Pemberi semangat, motivator

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut. 

Untuk menjadi seorang motivator, ilmu-ilmu yang diperlukan:
  1. Bunda Sayang: mempelajari ilmu anak sesuai dengan fitrah keimanan, belajar dan bakat, menambah ilmu agama
  2. Bunda Cekatan: mempelajari ilmu-ilmu menejemen waktu dan pengelolaan diri dengan selalu praktek dan berani memulai
  3. Bunda Produktif: mempelajari ilmu public speaking, ilmu psikologi, dan ilmu-ilmu penunjang bakat diri sendiri
  4. Bunda Sholehah: mempelajari ilmu berbagi dan berkomunikasi 

e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Untuk menjadikan saya sebagai orang yang bermanfaat dan dapat memberikan penyemangat di lingkungan sekitar saya, maka milestone yang akan saya lakukan:
  • KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : mempelajari dan mempraktekkan ilmu agama dan parenting
  • KM 1 - KM 2 ( tahun 2 ) : mempelajari dan mempraktekkan ilmu menejemen waktu dan pengelolaan diri
  • KM 2 - KM 3 ( tahun 3 ) : mempelajari dan mempraktekkan ilmu public speaking
  • KM 3 - KM 4 ( tahun 4 ) : mempelajari dan mempraktekkan ilmu komunikasi dengan bergabung langsung ke masyarakat

f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Setelah saya cek kembali, beberapa ilmu yang harus saya pelajari sudah masuk ke dalam checklist seperti menghadiri kajian maupun menghadiri beberapa workshop/seminar dan juga jadwal belajar online, hingga bergabung dengan beberapa kelompok masyarakat.

g. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Bismillah, atas ridho Allah dan ridho suami juga anak, Insha Allah akan dilancarkan, aamiin.





Ibuknya Prabu,
26 Agustus 2018

2 komentar: