Minggu, 23 September 2018

"Misi Hidup dan Produktivitas" - NHW8/ MIIP/ Batch6

Bismillah, setelah perjalanan panjang mengetahui bakat kita maka hal selanjutnya adalah memfokuskan diri untuk lebih medalami dan fokus untuk menerapkannya secara teknis.

A. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah diambil dari kuadran SUKA dan BISA.


Dari kuadran tersebut, maka saya memilih mengajar/ mengedukasi sebagai salah satu hal yang akan saya fokuskan.

B. Setelah ketemu satu hal, maka selanjutnya adalah menjawab "BE DO HAVE" seperti di bawah ini.

1) Mental seperti apa yang anda harus miliki untuk menjadi seperti yang anda inginkan ? (BE)
Yang pasti, dalam menjadi seorang pengajar maka dibutuhkan kesabaran yang esktra dalam menerangkan hingga jelas. Hal ini berkaitan dengan proses seseorang dan juga kemampuan orang yang berbeda-beda dalam memahami. Selain itu, mental pengajar yang dapat mempertanggungjawabkan terhadap apa yang diajarkannya juga harus saya miliki agar ilmu yang akan diberikan dapat bermanfaat.

2) Apa yang harus anda lakukan untuk menjadi seperti yang anda harapkan? (DO)
Setelah menjadi pengajar yang memiliki stok sabar banyak, saya juga harus memiliki banyak pengetahuan. Maka saya akan banyak membaca, mengikuti kelas upgrade diri, mengikuti kajian, talkshow atau seminar mengenai parenting, agama dan ilmu lainnya yang bermanfaat bagi saya dan yang dapat saya bagikan.

3) Apa yang akan anda lakukan apabila anda sudah memiliki yang anda harapkan? (HAVE)
Ketika saya sudah memiliki hal tersebut, maka saya akan membagikannya kepada orang banyak. Saya yakin ilmu yang diberikan tidak harus sesuatu hal yang besar, tapi saya percaya ilmu sedikit tapi dibagikannya tepat, maka akan bermanfaat.
Dengan catatan, pemberian ilmu juga berkaitan dengan adab ilmu seperti yang pernah dilakukan di NHW#1

C. Selanjutnya, perhatian 3 aspek dimensi waktu.

1) Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)?
‌Saya ingin menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama. Maka saya berharap dapat menambah ilmu dan dapat menyampaikannya secara lebih luas.

2) Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)?
‌Dalam kurun waktu tersebut, saya ingin meng-upgrade diri dengan belajar kembali (mencari spesialisasi di jurusan kuliah) maupun kelas secara online.
‌Membaca beberapa target buku seperti, buku parenting dan juga buku agama (sirah nabawi, dll)

3) Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun kedepan (new year resolution)?
‌Satu tahun ini, ingin membuat beberapa topik mengenai parenting di sosmed yang saya miliki.
‌Selain itu, ingin membuat program edukasi di beberapa wag komunitas maupun yayasan yang saya miliki.
‌Dan untuk anak, saya ingin membuat kurikulum pengajaran baik secara homescoling maupun Islamic.


Mulailah dengan PERUBAHAN karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH.

Salam sayang,
Mamak Prabu
Surabaya, 23 September 2018
Disela-sela bobo ciang nya nak bayi besar dan bayi kecil di rumah kung utinya~~

0 komentar:

Posting Komentar